Laman

Minggu, 03 Juli 2011

KTSP Q

KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
( KTSP )
MADRASAH ALIYAH MIFTAKHUL JANNAH
BLITAR - JAWA TIMUR

















“MA. MIFTAKHUL JANNAH”
JL. SINGO LODRO NO. 529 PENATARAN SANAN WETAN
BLITAR - JAWA TIMUR
2010




KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
( KTSP )
MADRASAH ALIYAH KHOIRUL HUDA
GROBOGAN - JAWA TENGAH

















“MA. KHOIRUL HUDA”
JL. PANGERAN DIPONEGORO NO. 22 PURWODADI
GROBOGAN- JAWA TIMUR
2011



PENGESAHAN

KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
MADRASAH ALIYAH KHOIRUL HUDA
GROBOGAN - JAWA TENGAH

Ditetapkan dan digunakan tahun pelajaran 2011 / 2012

Grobogan, 20 Mei 2011

Kepala Madrasah


Moch. Syukron Na’im
NIM. 07410186 Waka Kurikulum


Ahma Chumaedi
NIM. 07410346

Menyetujui

Ketua Yayasan


Mohammad Dawi
NIM. 07410090
Komite Sekolah


Ubaidillah
NIM. 05410346


Mapenda Provinsi Jawa Timur



NIM. 07410346

DAFTAR ISI
Halaman Judul 2
Halaman Pengesahan 3
Daftar Isi 4
Terjemah dan Arti Logo 5
Terjemah dan Arti Nama Sekolah 6

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Madrasah Aliyah
Miftakhul Jannah Blitar - Jawa Timur
BAB I
Pendahuluan
A. Rasional 7
B. Dasar 9
C. Pengertian Kurikulum 10
BAB II
Indikator, Strategi dan Tujuan
A. Visi 11
B. Misi 11
C. Tujuan 11
D. Aktivitas Strategis 12
BAB III
Struktur Kurikulum Beban
A. Stuktur Kurikulum di Madrasah Aliyah Miftakhul Jannah-Blitar 12
1.1. Struktur Kurikulum Kelas X 14
1.2. Struktur Kurikulum Kelas XI dan XII IPA 17
1.3. Struktur Kurikulum Kelas XI dan XII IPS 19
B. Muatan Kurikulum 21
C. Pengaturan Beban Belajar



BAB IV
Ketuntasan Belajar, Standar Kenaikan Kelas, Standar Kelulusan, Penentuan Kelulusan, Pendidikan Kecakapan Hidup
A. Ketuntasan Belajar 22
B. Standart Kenaikan Kelas 23
C. Standart Kelulusan 24
D. Penentuan Kelulusan 24
E. Pendidikan Kecakapan Hidup 25
F. Pendidikan Berbasis Keunggulan lokal dan Global 25
BAB V
Analisis Hari Belajar Efektif Kalender Pendidikan Madrasah Aliyah Miftakhul Jannah-Blitar Tahun Ajaran 2010/2011
A. Analisis Hari Belajar Efektif Kalender Pendidikan Madrasah Aliyah Miftakhul Jannah-Blitar Tahun Ajaran 2010/2011 26
B. Kalender Akademik 2010/2011 27
C. Kalender Pendidikan 29
BAB VI
Layanan Dan Fasilitas Pembelajaran
A. Layanan Pembelajaran
1.1. Siswa Pindahan Sekolah 31
1.2. Bimbingan Konseling 31
1.3. Program Pembiasaan 31
1.4. Tes Personal Preference 32
B. Fasilitas Pembelajaran 32
C. SILABUS 33
D. RPP -
BAB VII
Penutup
Penutup 36













“ARTI DARI LOGO MA. MIFTAKHUL JANNAH BLITAR – JAWA TIMUR”

1. Bentuk lambang MA. Miftakhul Jannah Blitar – Jawa Timur adalah garis lengkung yang membentuk lima sudut.
Yang mempunyai arti dasar negara Indonesia yaitu Pancasila.
2. Isi lambang MA. Miftakhul Jannah Blitar – Jawa Timur terdiri dari:

a. Buku terbuka disini yang di maksud adalah Al-Qur'an dan Al-Hadist sebagai dasar agama islam.
b. Menara Masjid disini yang di maksud adalah symbol dari daerah ( masjid agung Blitar ).
c. Lingkaran penuh adalah bumi / dunia, dimana manusia hidup dan menjalani kehidupan awal.
d. Lingkaran 2 di ibaratkan adalah akhirat, dimana manusia akan melanjutkan kehidupan kekal di sini.
e. Pita dengan tulisan Blitar – Jawa Timur. Memperindah dan juga sebagai penguatan dari daerah sekolah ini.
3. Warna lambang MA. Miftakhul Jannah Blitar – Jawa Timur;
Lingkaran penuh hijau daun;
Garis lengkung kuning;
Warna dasar al- Qur'an putih dengan tulisan hitam;
Pita kuning emas;
Warna menara masjid agung Blitar adalah hitam;
Tulisan nama MA. Miftakhul Jannah Blitar – Jawa Timur berwarna hitam;
4. Makna lambang MA. Miftakhul Jannah Blitar – Jawa Timur:
Lambang ini dibuat sesuai dengan cita-cita dari sekolah MA. Miftakhul Jannah yaitu membentu manusia sebagai insan kamil. Seorang anak didik diharapkan mampu menguasai ilmu-ilmu dunia dan juga ilmu-ilmu akhirat sebagai bekal kelak di alam kekekalan (Akhirat).
Dengan lambang tersebut sekolah ini ingin mengintegrasi dan interkoneksikan antara Nash ( Al-Quran dan Hadits ), ilmu dan pemikiran-pemikiran manusia ( filsafat ). Untuk mencapai insan kamil yang telah di sebutkan.

“TERJEMAH DAN ARTI NAMA SEKOLAH”

“MIFTAKHUL JANNAH” adalah sebuah nama yang di ambli dari bahasa arab yaitu; Mifta adalah isim ‘alat dari fi’il madzi yaitu fattaha yang berarti ‘membuka’. Kemudian Miftakhul yang mempunyai arti Kunci, dan Jannah yang berarti Surga. Nah, dari kedua kata tersebut, lembaga pendidikan islam ini mengharapkan dari lulusan dapat menjadi insan kamil, insan yang selamat dunia dan akhirat.











KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
MADRASAH ALIYAH MIFTAKHUL JANNAH
BLITAR - JAWA TIMUR


BAB I
PENDAHULUAN

1. Rasional
Pendidikan adalah sesuatu yang bersifat humanis, yaitu berusaha untuk memanusiakan manusia dan memaksakan kehendak dari manusia itu sendiri. Dari pengertian tersebut, dapat dimengerti bahwasannya pendidikan di sini berusaha untuk bersifat harmonis dan tepat dalam menempatkan proporsi kerja pikir manusia, dengan ditetapkannya ilmu sebagai penerang dalam diri manusia dan hati sebagai penilai apakah ilmu itu baik sebagai pegangan atau bisa dijadikan pegangan hidup kita.
Fenomena dalam pendidikan sekarang banyak timbul berbagai permasalahan, baik dalam segi kelembagaan ataupun dari pelaku pendidikan itu sendiri. Misalnya, ditinjau dari peserta didik sendiri kita lihat unggul dalam ranah kognitif. Namun tidak dalam penerapan afektifnya. Hal ini menyebabkan peserta didik kurang diterapkan dalam hati akan pentingnya ilmu tersebut, terutama Ilmu Pendidikan Agama yang selalu dikesampingkan. Apalagi ketika era globalisasi dan kemoderenan saat ini, dimana era yang bebas dalam artian budaya-budaya yang kurang dapat di terima dalam ruang lingkup bangsa Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama islam. Dan mempunyai dasar-dasar agama ( Al-qur’an dan Hadits ) dan juga norma-norma.
Oleh karena itu, timbullah inisiatif untuk mendirikan sebuah lembaga yang mampu merubah kondisi seperti itu menuju ke arah yang lebih baik, terutama dalam segi keagamaan. Dimulai dari pendidikan agama seseorang akan mempunyai pegangan agar tidak terjerumus dalam hal-hal yang menyeleweng dari norma-norma dan hal-hal yang merusak generasi muda Indonesia. Di sinilah hati kami tersentuh untuk mendirikan lembaga pendidikan yaitu Madrasah Aliyah Miftakhul Jannah Blitar dengan harapan lembaga pendidikan ini dapat membangkitkan rasa agama pada penduduk setempat untuk tetap berpegang teguh pada dasar agama untuk mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat.
Dalam kurikulum pendidikan Madrasah Aliyah Miftakhul Jannah Blitar, akan menciptakan kurikulum yang humanis sistematis dan agamis yang tetap mewarisi budaya nenek moyang terdahulu dan berusaha menggali sumber pengetahuan berdasarkan Al Qur’an dan Al Hadits dan tetap berpotensi untuk menciptakan manusia yang nantinya bisa bahagia hidup di dunia maupun di akhirat, dan mempunyai pengetahuan yang menjadi penerang bagi diri sendiri dan orang lain disekitarnya. Serta adanya penyemangat bagi diri sendiri untuk mencapai cita-cita yang diinginkan.
Kurikulum ini di upayakan agar siswa dapat terus maju (Progress) baik dalam ilmu umum maupun agama yang mampu menghadapi permasalahan yang terjadi di jaman modern ini dan berusaha untuk membentuk peserta didik berakhlakul karimah. Tentunya diharapkan pendidik mampu menghasilkan Out Put yang berkualitas baik dalam ranah kognitif, afektif, dan spikomotorik.
Selain itu, kurikulum ini disusun agar dapat memberikan kesempatan peserta didik untuk:
1. Belajar untuk menerapkan jiwa ketauhidan dengan petunjuk Al Qur’an dan Al Hadits.
2. Belajar untuk memahami ilmu pengetahuan selain dengan akal juga dihayati dalam hati.
3. Belajar untuk hidup sosial dan bermanfaat untuk orang lain.
4. Belajar untuk berpikir aktif, kreatif, afektif, dan menyenangkan.

Madrasah Aliyah Miftakhul Jannah Blitar, senantiasa berusaha mengembangkan sebuah masyarakat yang selalu belajar (learning society), yang akhirnya dapat memunculkan rasa kebersamaan antara masyarakat dan lembaga sekolah. Karena masyarakat yang baik akan mempunyai sekolah yang baik pula.

2. Dasar
1. Al Qur’an dan Hadits
      •              

Dan Demikianlah, kami Telah menurunkan Al Quran itu sebagai peraturan (yang benar) dalam bahasa Arab. dan seandainya kamu mengikuti hawa nafsu mereka setelah datang pengetahuan kepadamu, Maka sekali-kali tidak ada pelindung dan pemelihara bagimu terhadap (siksa) Allah. (QS. Ar Rad:37)

Firman Allah dalam surat Al-KAhfi ayat 109:
                  
Katakanlah: sekiranya lautan menjadi tinta untuk (menulis) kalimat-kalimat Tuhanku, sungguh habislah lautan itu sebelum habis (ditulis) kalimat-kalimat Tuhanku, meskipun kami datangkan tambahan sebanyak itu (pula)".

“ Barang siapa ingin dunia ( hidup di dunia dengan baik), hendaklah dengan ilmu, barang siapa ingin akherat (hidup nanti di akherat dengan senang) hendaklah ia berilmu, siapa yang ingin keduanya, hendaklah dengan ilmu.” (H.R. Imam Ahmad)

2. Pembukaan UUD 1945 alenia ke empat ”Mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia.”
3. UUD RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal I, 18, 32,35 sampai pasal 38.
4. Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
5. Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi.
6. Permendiknas Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan.
7. Kepmendiknas No. 23 tahun 2006 Tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL). SKL merupakan kualifikasi kemampuan yang mencakup sikap, pengetahuan dan ketrampilan.
8. Panduan penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dasar dan menengah dari BSNP Tahun 2006.

3. Pengertian Kurikulum
Kurikulum Madrasah Aliyah Miftakhul Jannah Blitar adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, visi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan Madrasah Aliyah Miftakhul Jannah Blitar.
Kurikulum Madrasah Aliyah Miftakhul Jannah Blitar berpangkal pada pendidikan humanisme yang mengutamakan peran manusia (men cencentered) dengan menekankan manusia sesuai dengan proporsinya yaitu memanusiakan manusia. Konsep ini diambil dari asumsi bahwa manusia sebagai makhluk sosial yang selalu menghadapi permasalahan yang harus dipecahkan bersama dengan kata lain, kurrikulum ini menekankan pada kebangkitan diri dan berusaha untuk terus maju yaitu kurikulum yang menekankan manusia dan dalam kesatuan kelompok yakni kesejahteraan masyarakat. Dengan kurikulum ini diharapkan peserta didik dapat mengaplikasikan ilmu dalam kehidupan bermasyarakat.

BAB II
INDIKATOR, STRATEGI DAN TUJUAN

I. Visi Misi, Aktivitas Strategis dan Tujuan
1) Visi Madrasah Aliyah Miftakhul Jannah Blitar
Memadukan dan mengembangkan studi keislaman, keilmuan dan ke-Indonesiaan dalam pengajaran dan pendidikan.

2) Misi Madrasah Aliyah Miftakhul Jannah Blitar
a Berusaha mengintegrasikan ilmu umum, ilmu agama, dan ke-Indonesiaan.
b Mengutamakan kualitas yang baik, baik dalam proses pembelajaran maupun Out come yang dihasilkan.
c Mencetak generasi muda yang mampu dalam segala hal, baik yang berlandaskan agama maupun umum.
d Membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir, baik dengan akal dan mampu menghayati dalam hati serta mampu mengaplikasikannya dalam perbuatan sehari-hari.

3) Tujuan Pendidikan Madrasah Aliyah Miftakhul Jannah Blitar
a. Siswa mampu menerapkan jiwa ketauhidan kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan berpegang pada Al Qur’an dan Hadits.
b. Siswa sehat jasmani dan rohani.
c. Siswa mampu memahami ilmu pengetahuan dengan akal pikiran dan menghayati dalam hati serta mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.
d. Siswa dapat menjadi Out come yang bahagia di dunia dan akhirat.
e. Siswa mampu menjadi sosok yang berguna bagi masyarakat


4) Aktivitas Strategi
a. Memberikan fasilitas dalam pembelajaran, baik berupa yang berupa sarana dan prasarana guna menunjang pendidikan.
b. Memberikan kesempatan siswa untuk menyalurkan bakat yang ada dalam diri siswa dengan bantuan program bakat minat.
c. Menjalin kerjasama dengan masyarakat sekitar, karena kita tahu bahwasannya tanpa bantuan dan dukungan masyarakat maka lembaga pendidikan ini tidak mungkin dapat berdiri.


BAB III
STRUKTUR KURIKULUM BEBAN

I. Struktur Kurikulum
Struktur kurikulum merupakan pola dan susunan mata pelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didik dalam kegiatan pembelajaran yang diselenggarakan oleh Madrasah Aliyah Miftakhul Jannah Blitar selama 3 (tiga) tahun, kelompok mata pelajaran yang ada di Madrasah Aliyah Miftakhul Jannah Blitar dibagi menjadi 5 (lima) kelompok yaitu :
1. Agama dan akhlak mulia: kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia.
2. Kewarganegaraan dan kepribadian: kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian dimaksudkan untuk peningkatan kesadaran dan wawasan peserta didik akan status, hak dan kewajibannya dalam kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara serta peningkatan kualitas dirinya sebagai manusia.
3. Ilmu pengetahuan dan teknologi: kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi dimaksudkan untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi, membentuk kompetensi, kecakapan, dan kemandirian kerja.
4. Estetika: kelompok mata pelajaran estetika dimaksudkan untuk meningkatkan sensitifiitas, kemampuan mengekpresikan dan kemampuan mengapresiasi keindahan dan harmoni mencangkup apresiasi dan ekspresi, baik dalam kehidupan individual sehingga mampu menikmati dan mensyukuri hidup maupun dalam kehidupan kemasyarakatan.
5. Jasmani olahraga dan kesehatan: kelompok mata pelajaran jasmani, olah raga, dan kesehatan dimaksudkan untuk meningkatkan potensi fisik serta membudayakan sikap sportif, disiplin, kerja sama dan hidup sehat.

Struktur kurikulum Madrasah Aliyah Miftakhul Jannah Blitar meliputi substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selama tiga tahun mulai kelas X sampai dengan kelas XII.
Pengorganisasian kelas Madrasah Aliyah Miftakhul Jannah Blitar dibagi dalam dua kelompok, yaitu kelas X merupakan program umum kemudian penjurusan pada kelas XI dan XII, yang terdiri atas tiga program yaitu Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial dan Bahasa. Struktur kurikulum Madrasah Aliyah Miftakhul Jannah Blitar disusun berdasarkan Standar Kompetensi lulusan dan Standar Kompetensi mata pelajaran dengan ketentuan sebagai berikut :

1. Kurikulum Madrasah Aliyah Miftakhul Jannah Blitar Kelas X
a. Kurikulum Madrasah Aliyah Miftakhul Jannah Blitar kelas X memuat 16 mata pelajaran, 4 muatan local dan 10 pengembangan diri.
b. Muatan local disesuaikan dengan ciri khas keadaan daerah yang tidak dapat sikelompokkan dalam mata pelajaran yang ada, dan ditentukan oleh satuan pendidikan.
c. Pengembangan diri merupakan ekstra kurikuler yang diadakan untuk mengetahui minat serta potensi siswa diluar mata pelajaran wajib.
d. Pembelajaran pada kelas X dilaksanakan melalui pendekatan mata pelajaran.
e. Alokasi waktu satu jam pelajaran adalah 45 menit.
f. Minggu efektif dalam satu tahun pelajaran (dua semester) adalah 241 hari = <35 minggu. Namun jika melihat kalender pendidikan maka minggu efektif Madrasah Aliyah Miftakhul Jannah Blitar tahun ajaran 2010/2011 adalah 198 hari = 33 minggu (33x6=198 hari).

 Adapun Struktur kurikulum Madrasah Aliyah Miftakhul Jannah Blitar kelas X disajikan pada table berikut:
STRUKTUR KURIKULUM KELAS X
MADRASAH ALIYAH MIFTAKHUL JANNAH BLITAR

K o m p o n e n Alokasi Waktu
Semester 1 Semester 2

A. Mata Pelajaran
1. Pendidikan Agama Islam
a. Al-Qur'an-Hadis 2 2
b. Akidah-Akhlak 2 2
c. Fikih 2 2
d. Sejarah Kebudayaan Islam - -
2. Pendidikan Kewarganegaraan 2 2
3. Bahasa Indonesia 4 4
4. Bahasa Arab 2 2
5. Bahasa Inggris 4 4
6. Matematika 4 4
7. Fisika 2 2
8. Biologi 2 2
9. Kimia 2 2
10. Sejarah 1 1
11. Geografi 1 1
12. Ekonomi 2 2
13. Sosiologi 2 2
14. Seni Budaya 2 2
15. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan 2 2
16. Teknologi Informasi dan Komunikasi 2 2
B. Muatan Lokal *)
Bahasa Jawa
Aswaja
Ta’limul Muta’alim
2
2
2
2
2
2
C. Pengembangan Diri **)
Pramuka
Seni Rebana
Muhadharah
Olah raga (volley, sepak bola, basket, tennis, bulu tangkis)
PMR
J u m l a h 46 46
Keterangan:
*) Kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, yang ditentukan oleh satuan pendidikan (madrasah).
**) Bukan mata pelajaran tetapi harus diasuh oleh guru dengan tujuan memberikan kesempatan peserta didik untuk mengembangkan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, minat, dan kondisi satuan pendidikan (madrasah).

Catatan :
o Banyaknya jam pelajaran satu hari (dari Pukul 07.00-13.40)= 6 jam 40 menit dan hari jum’at siswa wajib tilawah Qur’an dan membaca Asmaul Husnah selama 15 menit.
o Target tilawah Al Qur’an maksimal satu lembar kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Asmaul Husnah.
o Khusus hari jum’at aktivitas pembelajaran hanya sampai jam ke-5
o Kalkulasi Waktu :
Satu minggu =6 hari x 6 jam 40 menit = 38.40-2 jam hari jum’at = 36 jam 40 menit).
Dengan perincian :
 Jam 07.00-07.15 (wajib untuk tilawah dan pembacaan Asmaul Husnah pada hari Jum’at).
 Jam 1 = 07.00 - 07.45
 Jam 2 = 07.45 – 08.30
 Sholat Dhuha dari jam 08.30-08.40
 Jam 3 = 08.40 – 09.25
 Jam 4 = 09.25 – 10.10
 Istirahat = 10.10 – 10.20
 Jam 5 = 10.20 – 11.05
 Jam 6 = 11.05 – 11.50
 Istirahat shalat dhuhur berjamaah = 11.50 – 12.10
 Jam 7 = 12.10 – 12.55
 Jam 8 = 12.55 – 13.40














 Kurikulum Madrasah Aliyah Miftakhul Jannah Blitar Kelas XI dan XII
Pembelajaran pada kelas XI dan XII dilaksanakan melalui pendekatan mata pelajaran jurusan.
Struktur kurikulum Madrasah Aliyah Miftakhul Jannah Blitar kelas XI dan XII program IPA disajikan pada table berikut:

STRUKTUR KURIKULUM KELAS XI dan XII MADRASAH ALIYAH MIFTAKHUL JANNAH BLITAR IPA
K o m p o n e n Alokasi Waktu
Kelas XI Kelas XII
Smt 1 Smt 2 Smt 1 Smt 2
A. Mata Pelajaran
1. Pendidikan Agama Islam
a. Al-Qur'an-Hadis 2 2 2 2
b. Akidah-Akhlak 2 2 - -
c. Fikih 2 2 2 2
d. Sejarah Kebudayaan Islam - - 2 2
2. Pendidikan Kewarganegaraan 2 2 2 2
3. Bahasa Indonesia 4 4 4 4
4. Bahasa Arab 2 2 2 2
5. Bahasa Inggris 4 4 4 4
6. Matematika 4 4 4 4
7. Fisika 4 4 4 4
8. Kimia 4 4 4 4
9. Biologi 4 4 4 4
10. Sejarah 2 2 2 2
11. Seni Budaya 2 2 2 2
12. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan 2 2 2 2
13. Teknologi Informasi dan Komunikasi 2 2 2 2
14. Keterampilan/Bahasa Asing 2 2 2 2
B. Muatan Lokal *)
Aswaja
Kerajinan Bubut

2
2

2
2

2
2

2
2
C. Pengembangan Diri **)
Pramuka
Seni Rebana
Muhadharah
Olah raga (volley, sepak bola, basket, tennis, bulu tangkis)
PMR
J u m l a h 46 46 46 46

Keterangan:
*) Kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, yang ditentukan oleh satuan pendidikan (madrasah).
**) Bukan mata pelajaran tetapi harus diasuh oleh guru dengan tujua memberikan kesempatan peserta didik untuk mengembangkan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, minat, dan kondisi satuan pendidikan (madrasah).





 Kurikulum Madrasah Aliyah Miftakhul Jannah Blitar Kelas XI dan XII
Pembelajaran pada kelas XI dan XII dilaksanakan melalui pendekatan mata pelajaran jurusan.
Struktur kurikulum Madrasah Aliyah Miftakhul Jannah Blitar kelas XI dan XII program IPS disajikan pada table berikut:

STRUKTUR KURIKULUM KELAS XI dan XII MADRASAH ALIYAH MIFTAKHUL JANNAH BLITAR IPS


K o m p o n e n Alokasi Waktu
Kelas XI Kelas XII
Smt 1 Smt 2 Smt 1 Smt 2
A. Mata Pelajaran
1. Pendidikan Agama Islam
a. Al-Qur'an-Hadis 2 2 2 2
b. Akidah-Akhlak 2 2 - -
c. Fikih 2 2 2 2
d. Sejarah Kebudayaan Islam - - 2 2
2. Pendidikan Kewarganegaraan 2 2 2 2
3. Bahasa Indonesia 4 4 4 4
4. Bahasa Arab 2 2 2 2
5. Bahasa Inggris 4 4 4 4
6. Matematika 4 4 4 4
7. Sejarah 2 2 2 2
8. Geografi 3 3 3 3
9. Ekonomi 4 4 4 4
10. Sosiologi 3 3 3 3
11. Seni Budaya 2 2 2 2
12. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan 2 2 2 2
13. Teknologi Informasi dan Komunikasi 2 2 2 2
14. Keterampilan/Bahasa Asing 2 2 2 2
B. Muatan Lokal *)
Aswaja
Kerajinan Bubut
2
2
2
2
2
2
2
2
C. Pengembangan Diri **)
Pramuka
Seni Rebana
Muhadharah
Olah raga (volley, sepak bola, basket, tennis, bulu tangkis)
PMR
J u m l a h 44 44 44 44

Keterangan:
*) Kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, yang ditentukan oleh satuan pendidikan (madrasah).
**) Bukan mata pelajaran tetapi harus diasuh oleh guru dengan tujua memberikan kesempatan peserta didik untuk mengembangkan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, minat, dan kondisi satuan pendidikan (madrasah).







II. Muatan Kurikulum di Madrasah Aliyah Miftakhul Jannah Blitar
Muatan Kurikulum meliputi sejumlah mata pelajaran yang keluasan dan kedalamannya merupakan beban belajar bagi peserta didik pada satuan pendidikan. Disamping itu materi muatan local dan kegiatan pengembangan diri termasuk kedalam isi kurikulum.
Muatan kurikulum di Madrasah Aliyah Miftakhul Jannah Blitar 16 mata pelajaran, 2 muatan lokal, 6 Pengembangan diri untuk kelas X. 14 mata pelajaran, 2 muatan local , 6 pengembangan diri untuk kelas XI dan XII untuk IPS. 14 mata pelajaran, 2 muatan local, 6 pengembangan diri untuk kelas XI dan XII IPA.

III. Pengaturan Beban Belajar
Pengaturan beban belajar Madrasah Aliyah Miftakhul Jannah Blitar sebagai berikut :
BEBAN BELAJAR di Madrasah Aliyah Miftakhul Jannah Blitar
Satuan Pendidikan Kelas Satu jam pembelajaran tatap muka (menit) Jumlah jam pembelajaran per minggu Minggu efektif per tahun ajaran Waktu pembelajaran per tahun Jumlah jam per tahun (@ 60 menit)
SMA X s.d XII 45 44 33 1452 per minggu = 65340 menit 65340:60= 1089 jam

Alokasi waktu untuk penugasan terstruktur ditentukan oleh pendidik, penggunaan struktur ini dilakukan sebagai kegiatan pendalaman materi pembelajaran oleh peserta didik yang dibuat oleh pendidik untuk mencapai standar kompetensi yang sudah ditetapkan dalam standar isi. Sedangkan alokasi waktu kegiatan terstruktur ditentukan oleh peserta didik. Kegiatan mandiri ini dilakukan untuk pendalaman materi pembelajaran yang dibuat oleh pendidik untuk mencapai kompetensi.

BAB IV
KETUNTASAN BELAJAR, STANDAR KENAIKAN KELAS, STANDAR KELULUSAN, PENENTUAN KELULUSAN, PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP

I. Ketuntasan Belajar

Ketuntasan belajar setiap indicator yang telah ditetapkan dalam suatu kompetensi dasar berkisar antara 0 - 100%. kriteria ideal ketuntasan untuk masing-masing indicator 75%. Kriteria ketuntasan minimal Madrasah Aliyah Miftakhul Jannah Blitar dengan mempertimbangkan tingkat kemampuan rata-rata peserta didik serta kemampuan sumber daya pendukung dalam penyelenggaraan pembelajaran.

STANDAR KETUNTASAN BELAJAR MADRASAH ALIYAH MIFTAKHUL JANNAH - BLITAR
Tahun Pelajaran 2010/2011

NO Komponen Ketuntasan Belajar
A Mata Pelajaran X IPA IPS

Pendidikan Agama 85 85 85
Pendidikan Kewarganegaraan 80 80 80
Bahasa Indonesia 75 80 80
Bahasa Inggris 75 75 80
Bahasa Arab 75 75 80
Matematika 75 80 75
Ekonomi 75 - 80
Sejarah 75 75 80
Sosiologi 75 - 80
Geografi 75 - 80
Tehnologi Informasi dan Komunikasi 80 80 80
Penjaskes 75 75 75
Seni dan Budaya 75 75 75
Kimia 75 75 -
Fisika 75 75 -
Biologi 75 75 -
B. Muatan Lokal
Bahasa Jawa 80 80 80
Aswaja 80 80 80
Ta’limul Muta’alim 80 80 80
C. Pengembangan Diri (Minat dan Bakat)
Pramuka B B B
Seni Rebana B B B
Muhadharah B B B
Olah raga (volley, sepak bola, basket, tennis, bulu tangkis) B B B
PMR B B B
Pramuka B B B

II. Standar Kenaikan Kelas

Kenaikan kelas dilaksanakan pada setiap akhir tahun yang bertujuan untuk mengukur standar kompetensi yang dicapai oleh siswa. Kriteria kenaikan kelas diatur oleh masing-masing direktorat teknis.
a. Kriteri Kenaikan Kelas
Nilai rapor diambil dari nilai harian, nilai tugas/PR, nilai tes tengah semester, nilai tes akhir semester dan pengamatan. Seluruh penilaian dijumlahkan hingga setiap peserta didik mendapatkan nilai rata-rata dalam satu mata pelajaran, yang sesuai dengan standar ketuntasan belajar (SKB) di Madrasah Aliyah Miftakhul Jannah-Blitar.
b. Penentuan Kenaikan Kelas
1. Dewan Guru melakukan rapat untuk menentukan kenaikan kelas dengan mempertimbangkan SKB, sikap/penilaian/budi pekerti dan kehadiran peserta didik.
2. Kenaikan kelas dituliskan pada rapor bagi setiap peserta didik yang dinyatakan naik kelas.
3. Bagi peserta didik yang tidak naik kelas diharuskan mengulang di kelasnya.

III. Standar Kelulusan
Sesuai dengan ketentuan PP 19/2005 pasal 72 ayat (1), peserta didik dinyatakan lulus dari satuan pendidikan pada pendidikan dasar dan menengah setelah :
1. Menyelesaikan seluruh program pembelajaran
2. Memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia, kelompok kewarganegaraan dan kepribadian, kelompok mata pelajaran estetika dan kelompok mata pelajaran jasmani dan rohani.
3. Lulus ujian sekolah dan ujian nasional
4. Lulus ujian hafalan Surat Yasin
5. Lulus ujian hafalan Tahlil

IV. Penentuan Kelulusan
a. Kriteria Kelulusan
Sekolah memanfaatkan hasil ujian sebagai bahan dalam penentuan kelulusan yangn mempunyai criteria sebagai berikut :
- Setiap peserta didik mempunyai rapor kelas XII
- Peserta didik telah mengikuti ujian sekolah dan mempunyai nilai untuk seluruh mata pelajaran yang diujikan. Masing-masing mata pelajaran nilainya sesuai dengan standar kelulusan belajar.
b. Penentuan Kelulusan
1) Dewan guru dan komite sekolah menentukan kelulusan siswa dengan mempertimbangkan nilai rapor, nilai ujian sekolah, sikap atau nilai, budi pekerti siswa yang bersangkutan dan memenuhi criteria kelulusan.
2) Ijazah dan rapor akan diberikan pada siswa yang dinyatakan lulus, sampai dengan semester genap kelas XII Madrasah Aliyah Miftakhul Jannah-Blitar.
3) Ijazah dan rapor tidak akan diberikan pada siswa yang dinyatakan tidak lulus dan siswa mengulang kembali dikelas XII.
V. Pendidikan Kecakapan Hidup
Pendidikan kecakapan hidup Madrasah Aliyah Miftakhul Jannah-Blitar adalah keterampilan bahasa sebagai berikut :
KELAS MATERI
Bahasa Inggris Bahasa Arab
Kelas X Grammer dan Reading Qowaid dan Qiro’ah
Kelas XI Listening dan Cinversation Istima’ dan muhadasah
Kelas XII Yasin dan Tahlil

VI. Pendidikan Berbasis Keunggulan lokal dan Global
Pendidikan keterampilan local dan global Madrasah Aliyah Miftakhul Jannah-Blitar adalah :
Kelas Materi
Kelas X Bahasa Jawa
Kelas XI Kerajinan Bubut
Kelas XII

BAB V
ANALISIS HARI BELAJAR EFEKTIF
KALENDER PENDIDIKAN MADRASAH ALIYAH MIFTAKHUL JANNAH-BLITAR TAHUN AJARAN 2010/2011


Bulan
Semester


Jumlah hari efektif
jmlh
hari
Total hari/
semester

senin
selasa
rabu
kamis
jumat
sabtu
Juli
Semester
Satu



2 2 1 2 2 2 11







98
Agustus 4 4 5 5 4 3 25
September 4 4 3 2 2 4 19
Oktober 3 3 3 2 2 1 11
November 4 4 4 4 5 4 25
Desember 1 1 1 1 1 2 7
Januari
Smstr
dua 3 3 3 3 2 2 16







100
Februari 4 4 4 3 5 4 24
Maret 4 3 3 1 - 3 14
April 4 4 4 3 4 4 23
Mei 2 2 3 3 4 3 17
Juni 1 1 1 1 1 1 6

Jumlah hari semester satu : 111 = 19 minggu
Jumlah hari semester dua : 110 = 18 minggu







KALENDER AKADEMIK
TAHUN AJARAN 2010/ 2011

Juli
sen sel rab kam jum sab min
1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
9 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30 31
Agustus
sen sel rab kam jum sab min
1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30 31



September
sen sel rab kam jum sab min
1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30

Oktober
sen sel rab kam jum sab min
1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 29 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30 31



November
sen sel rab kam jum sab min
1 2 3 4 5 6 7
8 9 10 11 12 13 14
15 16 17 18 19 20 21
22 23 24 25 26 27 28
29 30

Desember
sen sel rab kam jum sab min
1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 31


Januari
sen sel rab kam jum sab min
1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
31
Februari
sen sel rab kam jum sab min
1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28


Maret
sen sel rab kam jum sab min
1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30 31

April
sen sel rab kam jum sab min
1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30


Mei
sen sel rab kam jum sab min
1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30 31

Juni
sen sel rab kam jum sab min
1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30











KALENDER PENDIDIKAN
12 Juli Awal Belajar Semester Gasal
14, 15,16 JULI Masa Orientasi Siswa
10 Juli Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad Saw
10-14 Agustus Libur Awal Ramadhan
16-31 Agustus Pesantern Kilat Ramadhan
17 Agustus HUT RI ke- 63
1-9 September Libur Menjelang Idul Fitri
10-11 September Libur Idul Fitri
12-18 September Libur Setelah Idul Fitri
20 September Halal Bi Halal
25-1 Oktober -November Ujian Tengah Semester
17 November Libur Idul Adha 1431 H
7 Desember Libur Tahun Baru Hijriyah
13-18 Desember Ujian Akhir Semester Gasal
20-23 Desember Remidial
25 Desember Libur Hari Natal
27 Desember Penerimaan Raport
28-8 Desember-Januari Libur Semesteran
1 Januari LIBUR TAHUN BARU
10 Januari Awal Belajar Semester Genap
3 Februari Libur Tahun Baru Imlek
16 Februari Libur Maulid Nabi Muhammad Saw
5 Maret Libur Hari Raya Nyepi
14 – 19 Maret Pendalaman Materi Kelas X11
21 -26 Maret Ujian Praktek
4 – 9 April Ujian Tengah Semester Genap
22 April libur Yesus Kristus
25 – 27 April Ujian Akhir Nasional
2-7 Mei Ujian Akhir Sekolah
17 Mei libur kenaikan Yesus Kristus
18 -23 Mei Ujian Akhir Semester Genap
25-28 Mei Remidial
3-10 Juni Class Meeting
2 Juni Libur Hari Raya Waisak
11 Juni Pembagian Rapor Kenaikan Kelas
25 Mei Pengumuman Kelulusan
13 – 12 Juli Libur Kenaikan Kelas
6 Juni Pembagian Ijazah

UPACARA HARI BESAR NASIONAL
17 Agustus Hari Kemerdekaan RI
1 Oktober Hari Kesaktian Pancasila
28 Oktober Hari Sumpah Pemuda
10 November Hari Pahlawan
25 November Hari Guru
2 Mei Hari Pendidikan Nasional
20 Mei Hari Kebangkitan Nasional













BAB VI
LAYANAN DAN FASILITAS PEMBELAJARAN

A. Layanan Pembelajaran
 Siswa Pindahan Sekolah
Layanan pindah sekolah ini merupakan layanan yang diberikan bagi peserta didik, baik dari maupun ke Madrasah Aliyah Miftakhul Jannah-Blitar. Peserta didik diberi keleluasaan pindah keluar, akan tetapi Madrasah Aliyah Miftakhul Jannah-Blitar memberikan rekomendasi pada sekolah-sekolah tertentu yang diperkirakan sesuai dengan peserta didik yang akan keluar.
Madrasah Aliyah Miftakhul Jannah-Blitar menerima siswa pindahan dengan ketentuan :
1. Nilai yang menjadi standar di Madrasah Aliyah Miftakhul Jannah-Blitar
2. Berkelakuan baik dan mampu memenuhi ketentuan peraturan yang ada di Madrasah Aliyah Miftakhul Jannah-Blitar.

 Bimbingan Konseling
Layanan Bimbingan Konseling (BK) merupakan layanan untuk memberikan bantuan dan bimbingan permasalahan yang dihadapi peserta didik. Madrasah Aliyah Miftakhul Jannah-Blitar telah mempersiapkan bimbingan guru BK yang professional untuk membantu permasalahn siswa maupun wali siswa dalam mencari alternative pemecahan permasalahan yang baik.

 Program Pembiasaan
Agar siswa menjadi bisa karena biasa, maka Madrasah Aliyah Miftakhul Jannah-Blitar telah menyiapkan program pembiasaan diantaranya : Pembacaan Al Qur’an dan pembacaan Asmaul Husnah sebelum pelajaran dimulai, upacara setiap hari senin untuk melatih kedisiplinan siswa, hari bahasa setiap hari selasa dan kamis dan membentuk arena wajib berbahasa Arab dan Inggris di area sekolah.

 Tes Personal Preference
Tes Personal Preference merupakan layanan yang bermanfaat untuk mengetahui kepribadian peserta didik dan memudahkan dalam penempatan dan Bimbingan Konseling terhadap peserta didik dan dalam memotivasi peserta didik untuk berprestasi.

B. Fasilitas Pembelajaran.
1. Perpustakaan
2. Laboratorium Komputer
3. Laboratorium IPA
4. Aula
5. Beasiswa Berprestasi
6. Beasiswa tidak mampu










SILABUS

Sekolah : Madrasah Aliyah Miftakhul Jannah-Blitar
Kelas : XII
Mata Pelajaran : SKI
Semester : II
Standar Kompetensi : Memahami perkembangan islam di indonesia



Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar

1. Memahami perkembangan Islam pada masa modern /zaman kebangkitan (1800-sekarang)
perkembangan Islam pada masa modern /zaman kebangkitan (1800-sekarang)
Interactive lecturing


a Siswa mampu menceritakan perkembangan Islam pada masa modern /zaman kebangkitan (1800-sekarang
b Siswa mampu menjelaskan perkembangan Islam pada masa modern /zaman kebangkitan (1800-sekarang Pengamatan
Penugasan
Tes Tulis
45 menit Buku paket ski Murodi, H. 2009. sejarah kebudayaan islam, pt. karya toha putra; semarang.
2. Menceritakan sejarah masuknya islam di indonesia







sejarah masuknya islam di indonesia


Interactive lecturing

1. Siswa mampu menceritakan masuknya islam di Indonesia.
2. Siswa mampu menjelaskan perkembangan islam di Indonesia. Pengamatan
Penugasan
Tes Tulis
45 menit


Hasan, Ibrahim, Hasan. 2001. Sejarah Dan Kebudayaan Islam, Kalam Mulia; Jakarta

3. Memahami perkembangan Islam di dunia
perkembangan Islam di dunia
Interactive lecturing a) Siswa mampu menceritakan masuknya islam di Indonesia.
b) Siswa mampu menjelaskan perkembangan islam di Indonesia. Pengamatan
Penugasan
Tes Tulis
45 menit
Buku paket ski Murodi, H. 2009. sejarah kebudayaan islam, pt. karya toha putra; semarang.

Yogyakarta, 24 April 2010
Mengetahui
Kepala Madrasah Aliyah Miftakhul Jannah-Blitar


Moch. Syukron Na’im
NIM : 07410186
Guru mata pelajaran


Sutrisno Bakhir
NIP: 07410166756



BAB VII
PENUTUP

Kurikulum Madrasah Aliyah Miftakhul Jannah-Blitar ini disusun sebagai pengembangan Kurikulum sebelumnya dalam rangka menjawab tantangan jaman dan meningkatkan kualitas pendidikan di Madrasah Aliyah Miftakhul Jannah-Blitar. Kurikulum ini merupakan panduan bagi staf pengajar, staf administrasi, pimpinan sekolah dan juga peserta didik dalam menjalankan proses pembelajaran. Ketentuan yang mungkin belum diatur atau tercantum dalam Kurikulum ini tentu akan diatur dalam ketentuan yang berbeda dan manakala ditemukan kekeliruan akan senantiasa dilakukan evaluasi untuk perbaikan dan pengembangan selanjutnya.




Yogyakarta, 14 Mei 2009
Tim Penyusun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar