RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)/LESSON PLAN
Satuan Pendidikan : MTs SUNAN KALIJAGA
Mata Pelajaran : Fiqih
Pokok Bahasan : Haji
Kelas / Semester : VIII / satu
Waktu : 2 x 40 menit
A. Standar Kompetensi.
Mampu memahami pengertian Haji
B. Kompetensi Dasar.
1.1. Memahami pengertian Haji
1.2. Memahami Syarat, Rukun Dan hal yang membatalkan haji
C. Indikator Kompetensi.
1. Siswa mampu menjelaskan pengertian haji secara bahasa dan istilah.
2. Siswa mampu menunjukkan dalil tentang haji
3. Siswa mampu mengklasifikasi antara Syarat dan Rukun haji
4. Siswa mampu menyebutkan hal-hal yang membatalkan haji
5. Siswa mampu memberi contoh/ praktek haji
D. Strategi
1. Go to your post, Meet The Guest, dan Class Photo
E. Sumber Belajar
1. Depatemen Agama, Al Qur’an dan Terjamahnya, Departemen Agama, Jakarta.
2. Fiqh Dan Pembelajaranya, UII Press, Yogyakarta
3. M Thalib dan Slamet Suripto, Al Qur’an Hadits, Kota Kembang Yogyakarta.
No Waktu Aktifitas dan metode pembelajaran
1 10 Menit Guru membuka pelajaran dan menjelaskan tujuan pembelajaran
2
15 Menit Guru menjelaskan langkah-langkah strategi Go to your post yakni:
a. Guru menempelkan empat buah kertas masing-masing bertuliskan; tentang beberapa syarat dan rukun haji.
b. Guru meminta peserta didik melihat tanda-tanda yang tertulis di kertas, lalu memilih salah satu.
c. Guru meminta peserta didik dalam sub kelompok masing-masing untuk mendiskusikan, mengapa mereka menempatkan diri di kelompok yang sesuai dengan tanda yang dipilih.
d. Mintalah setiap kelompok untuk menyimpulkan alasan-alasannya.
e. Jika mungkin mintalah masing-masing kelompok membuat iklan, yang memberi saran terhadap tanda yang ia pilih.
3
30 Menit Guru menjelaskan langkah-langkah strategi Meet The Guest yakni:
a. Persiapkan peserta didik dalam posisi konferensi pers.
b. Peserta diminta mendiskusikan mengapa konsferensi pers tentang haji diadakan.
c. Kemudian mereka diminta merumuskan beberapa pertanyaan untuk diajukan kepada pembicara.
d. Pembicara tamu diminta menempatkan diri.
e. Pembicara diminta memaparkan pokok-pokok pikirannya tentang pengertian haji dan yang berkaitan dengan haji.
f. Setelah dirasa cukup, diberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menanyakan hal-hal seputar haji kepada pembicara tamu, sampai dirasa cukup.
4
15 Menit Guru menjelaskan langkah-langkah strategi Class Photo yakni:
a. Persiapkan peserta didik dalam posisi foto bersama dengan pola tiga baris, baris pertama duduk di lantai, baris kedua duduk di kursi dan baris ke tiga berdiri di belakang kursi.
b. Silakan masing-masing peserta didik berpose seperti kesan yang diperoleh selama proses pembelajaran (dengan tamu) saat konferensi pers.
c. Bagi foto kepada seluruh peserta,
d. Jika mungkin, mintalah peserta didik menulis pemikiran terakhir pada lembar kertas yang ditempel di didinding tadi.
5 10 Menit Guru memberi tugas pada siswa dan menutup pembelajaran
Yogyakarta, 11 Mei 2011
Guru Mapel Fiqih
MTs SUNAN KALIJAGA
Salis Irvan Fuadi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar